logoblog

Penyebab Penyakit Asma dan Cara Penyembuhannya

domain
Penyebab Penyakit Asma dan Cara Penyembuhannya - Terdapat banyak pemicu pada kambuh dan terjadinya asma. Asma sendiri adalah suatu kondisi dimana terjadi peradangan kronis pada saluran nafas yang dapat menyebabkan penyumbatan saluran nafas dan menimbulkan gejala seperti, sesak nafas, dada terasa berat, mengi (berbunyi saat nafas) dan batuk.

penyakit asma
Picture by: shutterstock.com


Pasalnya para penderita penyakit asma ini memiliki saluran pernafasan dengan sensitifitas yang tinggi. Pemicunya bisa datang dikarenakan udara, debu, bulu-bulu dan lain-lain, sehingga saluran pernafasan menjadi sempit dan menyebabkan keluar masuk udara menjadi tersendat atau kurang lega.

Cara Mengenali Penyakit asma

Dalam mengenali dan mencari tahu seorang pasien sedang menderita penyakit asma, maka ada beberapa tes yang akan dilakukan oleh dokter. Akan tetapi sebelumnya, sang dokter akan memberikan beberapa pertanyaan kepada pasien tentang gejala apa saja yang dirasakan, waktu kemunculan gejala tersebut, dan riwayat kesehatan pasien serta keluarganya.

Jika hasil dari keterangan yang diberikan pasien merujuk pada penyakit asma, maka selanjutnya sang dokter dapat melakukan tes untuk memperkuat diagnosis, Seperti:
  • Spirometri
  • Tes Arus Puncak Ekspirasi (APE)
  • Uji Provokasi Bronkus
  • Pengukuran Status Alergi
  • CT Scan
  • Rontgen

Namun jika hasil dari diagnosi pasien yang mengidap asma merupakan pengidap dari saat usia anak-anak, biasanya gejala akan hilang saat memasuki usia remaja dan akan timbul kembali ketika memasuki usia dewasa.

Kendati demikian Asma akan tetap muncul saat usia berapa pun, jika memang orang tersebut merupakan pengidap asma menengah atau berat. Sekalipun demikian, asma dapat muncul di usia berapa saja dan melulu berawal dari usia anak-anak.

Pengobatan asma

Terdapat dua tujuan dalam pengobatan penyakit asma, yang pertama yaitu meredakan gejala dan yang kedua untuk mencegah gejala kambuh. Dalam merealisasikannya seorang pengidap perlu mendapatkan dokter yang cocok dan bisa membuat sebuah rencana proses pengobatan, nantinya akan disesuaikan dengan kondisi pada si pasien. Pada rencana pengobatan tersebut harus meliputi cara mengenali dan menangani gejala yang memburuk, serta obat-obatan apa yang harus digunakan.

Dari Mana Asal Muasal Penyebab Penyakit Asma

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab penyakit asma, faktor ini bisa datang dari dalam maupun dari luar. Pada dasarnya penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa hal yang dapat memicu penyakit asma. diantaranya ialah;

1. Penyakit Turunan

Penyakit asma merupakan penyakit turunan, hal ini terbukti apabila dari keadaan keluarga yang masih satu rumpun dimisalkan ada yang mengidap penyakit asma, bisa dipastikan ia mewarisi penyakit ini dari orang tuanya maupun kakek atau neneknya.

2. Lingkungan

Lingkungan bisa menjadi salah satu faktor penyebab penyakit asma. Jika memiliki penyakit ini dan sering berada di lingkungan berdebu, kotor dan kurang nyaman maka penyakit asma lebih mudah terpicu sehingga bagi anda yang mengidap penyakit ini seharusnya lebih memperhatikan lingkungan disekitar anda. Misalnya saja, anak-anak yang memiliki penyakit ini, usahakan untuk tidak bermain hewan-hewan seperti kucing, atau hewan lain yang memiliki bulu-bulu halus. Jauhkan juga dari boneka-boneka yang memiliki bulu halus seperti hewan yang saya sebutkan tadi.

3. Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman juga dapat memicu kambuhnya penyakit asma. Beberapa makanan yang sangat buruk dan tidak disarankan untuk pengidap penyakit asma yaitu makanan yang mengandung MSG tinggi, mengandung pengawet, dan minuman yang bersifat dingin.

4. Udara Dingin

Udara dingin merupakan salah satu pemicu penyakit asma. Misalnya saja, AC ruangan yang terlalu dingin juga dapat memicu asma. Mengendarai kendaraan bermotor di malam hari tanpa mengenakan jaket juga sangat berbahaya bagi pengidap penyakit ini.

Pengobatan asma

Terdapat dua tujuan dalam pengobatan penyakit asma, yang pertama yaitu meredakan gejala dan yang kedua untuk mencegah gejala kambuh. Dalam merealisasikannya seorang pengidap perlu mendapatkan dokter yang cocok dan bisa membuat sebuah rencana proses pengobatan, nantinya akan disesuaikan dengan kondisi pada si pasien. Pada rencana pengobatan tersebut harus meliputi cara mengenali dan menangani gejala yang memburuk, serta obat-obatan apa yang harus digunakan.

Jika seseorang menderita asma kronis, dan terjadi peradangan pada saluran napas yang telah berlangsung lama dan berulang-ulang, itu bisa menyebabkan penyempitan permanen. Lebih buruknya bisa menyebabkan komplikasi asma.

Beberapa dampak yang bisa diakibatkan penyakit asma:

  1. Masalah psikologis (cemas, stres, atau depresi).
  2. Menurunnya performa di sekolah atau di pekerjaan.
  3. Tubuh sering terasa lelah.
  4. Gangguan pertumbuhan dan pubertas pada anak-anak.
  5. Status asmatikus (kondisi asma parah yang tidak respon dengan terapi normal).
  6. Pneumonia.
  7. Gagal pernapasan.
  8. Kerusakan pada sebagian atau seluruh paru-paru.
  9. Kematian.

Kesimpulannya, apabila beberapa faktor trsebut dapat dihindari dan diantisipasi, maka para penderitaan asma akan terhindar dari kambuhnya asma tersebut. Bahkan jika dibarengi dengan beberapa terapi yang berkesinambungan dapat menyembuhkan penyakit tersebut.

Apabila dalam penggunaan inhaler pereda asma memicu reaksi cepat dan semakin meningkat, segeralah konsultasikan kepada dokter untuk dapat penanganan lebih lanjut dan rencana penanganan asma yang disesuaikan kembali. Selain itu, disarankan untuk melakukan vaksinasi influenza dan pneumonia secara teratur untuk mencegah memburuknya penyakit asma yang disebabkan kedua penyakit tersebut.

Jika para sobat mau mencobanya ada beberapa terapi penyembuhan untuk penyakit asma, salah satu terapi penyembuhan yang sangat murah yaitu dengan cara mendatangi pinggir pantai pada pagi hari. Dengan udara segar pagi hari di bibir pantai tersebut bisa menjadi obat terapi yang sangat mujarap, karena udara pagi di pinggir pantai mengandung zat kittin yang memiliki banyak manfaat.

Semoga bermanfaat..., dan lekas sembuh ya kawan…., : )


Sumber: https://www.alodokter.com/asma
linkuid'

No comments:

Post a Comment

Berlangganan Gratis