logoblog

Perawatan Kendaran Motor dan Mobil Setelah Touring dan Perjalanan Jauh

domain
Secondpedia.web.id - Lelah rasanya jika kita telah melakukan perjalanan agak jauh. Terlebih perjalanan yang memakan waktu berjam-jam itu menggunakan kendaraan milik sendiri dan dikemudikan secara pribadi. Tentu butuh waktu beristirahat yang cukup untuk memulihkan stamina.

Perawatan Kendaran Motor dan Mobil Setelah Touring dan Perjalanan Jauh


Stamina tubuh memang sangat penting, apalagi harus berlanjut dengan rutinitas harian lainnyasaat sudah sampai. Namun ada hal lain lagi yang kalah penting selain stamina tubuh, yaitu stamina dari kendaraan yang telah kita gunakan.

3 Hal Penting Yang Perlu Dilakukan Pada Kendaraan Setelah Perjalanan Jauh

Ada beberapa poin penting yang perlu dilakukan saat kita telah menggunakan kendaraan motor atau mobil. Sama halnya dengan saat akan bepergian dimulai, hal ini menjadi seperti sebuah rutinitas yang tidak bisa disepelekan.

Sebuah dampak buruk akan menghampiri kendaraan motor dan mobil kita jika memang tidak segera dikenali. Adapun hal penting yang perlu dilakukan pada motor dan mobil kita setelah berkendara jauh bisa kita simak seperti berikut.

1. Mengecek Masa Penggunaan Pelumas Mesin/Oli Kendaraan

Masa penggunaan oli mesin pada kendaraan motor idealnya 2000 KM - 3000 KM atau sekitaran 2 bulan. Setelah masa tenggang itu kita harus mengganti dengan yang baru agar performa kembali baik.

Untuk perjalanan jauh seperti touring atau mudik hari raya menggunakan kendaraan motor bisa dengan mengecek spidometer motor. Kita bisa menghitungnya saat akan berangkat dengan mencatat angka spidometer saat akan berangkat dikurangi angka setelah kembali touring.

Atau jika kamu termasuk orang apik dan sayang dengan kondisi kendaraan bisa langsung mengganti oli kendaraan dengan yang baru tanpa mempertimbangkan lama penggunaan tersebut.

Jika itu untuk kendaraan motor roda dua, bagaimana dengan mobil?

Mobil memiliki masa penggunaan oli mesin lebih lama. Idealnya yaitu sekitar 10.000 KM atau setelah 6 bulan.

2. Mengecek Radiator Mesin

Air radiator pada kendaraan terkadang sedikit berkurang dar ambang biasanya. Itu karena tingkat heating mesin berlebihan. Kita perlu menambahkan atau menggantinya dengan cairan coolan agar mesin lebih fresh dan adem.

3. Membersihkan Kendaraan

Mencuci motor atau mobil merupakan kegiatan yang sangat wajib kamu lakukan agar tampilan kendaraan kamu lebih menarik dan tidak kotor.

Jika itu untuk tampilan atau bagian luar motor dan mobil, lain cerita dengan bagian dalamnya. Untuk yang satu ini perlu penangan yang lebih intensif, yaitu dengan melakukan service ringan pada kendaraan kita.

Service ringan bisa dilakukan setelah melakukan perjalanan jauh seperti touring atau mudik lebaran. Hal ini akan membuat tarikan motor atau mobil kamu lebih bertenaga dan mesin lebih bersih.

Okeh, cukup sekian saja untuk perawatan kendaraan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat.

linkuid'

No comments:

Post a Comment

Berlangganan Gratis